Wakaf Quran
News Update :

Seni Membangun Hubungan

Jumat, Februari 01, 2008


Seri 1 Rabtul 'Am

Mengapa perlu menigkatkan hubungan baik (Relationship) ?

  1. Agar orang yang berinteraksi dengan kita (obyek dakwah) puas ketika berhubungan dengan kita.
  2. Semua orang diharapkan dapat menceritakan pada orang lain bahwa banyak keuntungan yang diperoleh ketika berhungan dengan kita.

Dan untuk bisa berhubungan baik dengan orang lain maka kita perlu mengetahui apa yang menjadi kodrat umum seorang manusia. Salah satunya adalah bahwa ”orang itu sangat tertarik pada dirinya sendiri atau pikiran mereka sendiri” karena itu perhatikanlah 7 hal berikut dan semoga kita sukses mengambil hati mereka.

1. Terampillah dalam berbicara

Topik yang paling menarik untuk dibicarakan dengan kawan bicara adalah ”diri mereka sendiri”. Mereka akan tertarik, amat percaya jika membicarakan apa yang diinginkan oleh mereka. Cara yang salah adalah ketika kita melawan kodrat manusia. Karenanya dalam awal komunikasi yaitu ketika kita belum akrab betul dengan mereka pastikan:

  • Jangan terlalu banyak mengatakan : ”saya, aku, milikku, ana”
  • Lebih banyak mengatakan :”Anda, saudara, bapak, milik anda, antum”

Dan topik yang paling menarik adalah tentang diri mereka sendiri, keluarga mereka, pekerjaan mereka, hobby mereka dan seterusnya

2. Buatlah orang merasa penting

Pastikan semua orang berinteraksi dengan kita merasa ”penting”, tidak ada yang dimarjinalkan dari orang lain. Semakin merasa penting maka peluang mereka memberikan tanggapan akan semakin besar. Lakukanlah beberapa langkah berikut :

  • Dengarkanlah mereka, tunjukkan sisi antusias ketika mereka bicara, gunakan anggukan kepala sebagai tanda kita memperhatikan.
  • Pandanglah ketika mereka bicara, jangan terkesan mengabaikan / cuek.
  • Pujilah dan hargailah mereka dengan guesture (isyarat tubuh) yang tepat atau dengan ucapan tanggapan yang menyenagkan mereka.
  • Sebutkan nama mereka sesering mungkin dalam percakapan. Orang akan bergetar hatinya jika disebut namanya.
  • Perhatikan setiap orang ketika percakapan melibatkan sekelompok orang, pastikan semua mendapatkan tatapan mata kita dan perhatian kita.

(Abu Bara)
Bersambung...

Share this Article on :

0 comments: