Wakaf Quran
News Update :

Bulan Ramadhan, Bulan Al-Qur’an (Syahrul Qur’an)

Selasa, Juli 16, 2013

Bulan Al-Qur’an (Syahrul Qur’an)

Oleh : Ustadz Ahmad Mudzoffar Jufri

Allah Ta’ala berfirman (yang artinya): “Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil).” (QS.Al-Baqarah [2]: 185).

Dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda (yang artinya): ”Sesungguhnya Allah meninggikan dengan Al-Qur’an ini derajat kaum-kaum tertentu (karena berinteraksi dengannya secara baik), dan merendahkan dengannya pula derajat kaum-kaum yang lain lagi (karena mengabaikan, menjauhi dan meninggalkannya)” (HR.Muslim).

Al-Qur’an sebagai sumber petunjuk, cahaya dan rahmat bagi kaum muttaqin, merupakan salah satu kunci utama yang paling efektif untuk membuka pintu-pintu perubahan dan perbaikan dalam diri pribadi dan kehidupan ummat serta masyarakat beriman. Dan hal itu hanya bisa terwujud melalui adanya pola interaksi dan hubungan yang baik dan harmonis dengan Kitabullahini. Semakin dekat dan harmonis hubungan seseorang atau suatu masyarakat dengan Al-Qur’an, maka akan semakin terbukalah pintu-pintu perubahan dan perbaikan dalam kehidupan orang dan masyarakat tersebut. 

Dan Ramadhan adalah momentum yang paling tepat dan kondusif untuk membangun dan meningkatkan keharmonisan hubungan dan interaksi dengan wahyu terakhir dari Allah ini, yakni dengan berkomitmen untuk melakukan hal-hal berikut ini:
  • Memperbaharui (tajdid) kualitas iman kepadanya.
  • Membaca, menghafal, dan mendengarkannya.
  • Mentadabburi dan memahami makna serta kandungannya.
  • Mengikuti, mengamalkan, berakhlaq, berhujjah dan berhukum dengannya.
  • Mengajarkannya dan mendakwahkan nilai-nilai dan ajaran-ajarannya.
Share this Article on :

0 comments: